Rabu, 20 September 2017

OEMAH KREATIF




Artikel ini dibuat dalam rangka memenuhi Tugas Mocas 1 Sekolah Penerus Bangsa BEM UNS 2017

Apa itu Ekonomi Kerakyatan?
Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat.Dimana ekonomi rakyat sendiri adalah sebagai kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan (popular) yang dengan secara swadaya mengelola sumberdaya ekonomi apa saja yang dapat diusahakan dan dikuasainya, yang selanjutnya disebut sebagai Usaha Kecil dan Menegah (UKM) terutama meliputi sektor pertanian, peternakan, kerajinan, makanan, dsb., yang ditujukan terutama untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan keluarganya tanpa harus mengorbankan kepentingan masyarakat lainnya.

Dari pengertian Ekonomi Kerakyatan diatas saya ingin membuat project sosial berupa pembangunan Rumah Kreatifitas. Rumah ini dibangun dari sumbangan para donatur dengan tujuan untuk digunakan sebagi rumah bagi para Bapak / Ibu yang tidak mempunyai pekerjaan. Untuk diajari dan dididik untuk membuat kerajinan dari anyaman bambu, plastik bekas, botol bekas, gantungan kunci / hiasan dari kain flanel.

Di Oemah Kreatif para Bapak / Ibu diajari oleh relawan / mahasiswa untuk membuat berbagai jenis kerajinan agar bisa laku di pasaran dan menghasilkan penghasilan yang bisa menjadi tambahan untuk menunjang kehidupan sehari hari.

Kerajinan Anyaman


Kerajinan Flanel


Kerajinan Plastik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar